Kapalan (Callus)

Kapalan (Callus) – Kapalan adalah kondisi dimana kulit bagian telapak kaki yang mengeras. pengerasan kulit telapak kaki ini memiliki istilah medis juga yaitu callus. kapalan bisa dimiliki oleh kaki siapa pun baik pada wanita atau pun pria. karena pada umumnya kapalan bukan lah suatu penyakit tetapi hanyalah respon tubuh. untuk melindungi kulit dari tekanan yang terjadi terus menerus sehingga kulit akan mengeras maka dari itu disebut dengan kapalan. sebenarnya kapalan bisa terjadi pada kulit mana pun, tetapi paling sering pada kaki, dan terkadang pada tangan juga karena sering melakukan aktivitas tertentu. meskipun kapalan bukan lah penyakit, tetapi memiliki kapalan sangat tidak nyaman. kulit yang menebal karena kapalan terkadang menimbulkan rasa nyeri, jadi keadaan tersebut lah yang menyebabkan rasa tidak nyaman. kapalan yang paling sering terlihat dibagian telapak kaki di bawah jari jari atau pun pada bagian pojok jari bagian telapak karena bagian tersebut yang paling sering menjadi tumpuan dan mengalami tekanan.

Penyebab Kapalan (Callus)

Mengerasnya kulit bagian kaki dikarenakan oleh kulit mengalami tekanan dan gesekan secara terus menerus. sehingga kondisi seperti ini lama kelamaan akan menyebabkan masalah kapalan pada kulit tangan atau pun kulit kaki. jadi kapalan muncul pada bagian bagian yang sering mengalami tekanan berlebihan. ada pun faktor pemicu terjadinya kapalan (Callus) baik pada telapak kaki maupun telapak tangan. penyebab dan faktor pemicu kepalan (Callus) seperti dibawah ini :

kapalan

kapalan

  • Salah satu penyebab kepalan (Callus) dikarenakan kulit sering mengalami gesekan. gesekan pada kulit yang terus menerus bisa karena aktivitas tertentu yang sering dilakukan. untuk itu kapalan bisa dialami. aktivitas yang memicu kepalan seperti memainkan alat musik khususnya pada alat musik gesek atau instrumen seperti biola dan juga gitar. karena dibutuhkan gesekan dan juga menekan senar cukup kuat pada saat memainkan alat musik tersebut oleh karena itu kapalan (Callus) pada jari atau pun telapaknya pun bisa di miliki.
  • Tidak hanya dikarenakan memainkan alat musik instrumen saja yang bisa memicu terjadinya kapalan (Callus), sebab karena menulis tangan terlalu sering pun bisa menyebabkan kapalan juga. menulis dengan menggunakan pensil atau pun menggunakan pulpen bisa memberikan tekanan jadi kapalan pun bisa di miliki. pengendara sepeda motor atau mobil pun bisa memiliki kapalan pada tangannya sebab tekanan pada saat mengendarai motor dan mobil.
  • Untuk kapalan (Callus) pada bagian kaki pun juga bisa terjadi, karena disebabkan oleh alas kaki yang digunakan salah satu faktor pemicunya. penggunaan alas kaki yang sempit, dan juga penggunaan sepatu hak tinggi adalah faktor pemicunya, sebab gesekan dan tekanan pada saat menggunakan alas kaki tersebut lah yang mengakibatkan munculnya kapalan secara perlahan lahan.
  • Masih kapalan pada telapak kaki, yang bisa terjadi bukan hanya karena alas kaki kurang nyaman tetapi juga bisa dikarenakan oleh kaus kaki. gesekan pada alas kaki secara langsung dikarenakan tidak menggunakan kaus kaki lah yang bisa menjadi faktor pemicu kapalan (Callus). tidak menggunakan kaus kaki pun juga bisa meningkatkan faktor bau kaki tidak sedap.
  • Bukan hanya karena tidak menggunakan kaus kaki saja, untuk pelindung tangan pun ada sarung tangan. untuk itu apabila sedang melakukan aktivitas yang berat menggunakan tangan sehingga ada gesekan atau pun tekanan pada tangan tanpa menggunakan sarung tangan pun akan meningkatkan risiko terjadinya kapalan (Callus).
  • Menebalnya kulit kaki atau kapalan (Callus) pun bisa dipengaruhi oleh kondisi kuku yang tumbuh tidak normal. seperti tumbuh kuku kebawah bisa menyebabkan kapalan.
  • Bisa juga terbentuknya kapalan (Callus) dikarenakan adanya gangguan kesehatan seperti penyakit diabetes dan lainnya.

Mengatasi Kapalan (Callus)

Adanya kapalan (Callus) pada kaki atau pun tangan akan sangat mengganggu. seseorang yang memiliki kapalan pasti akan menyadarinya sebab kulit yang menebal akan sangat terasa. kapalan bisa menyebabkan mati rasa, tetapi terkadang pun juga bisa terasa nyeri juga. berbeda beda gejala kapalan yang terjadi pada setiap orang. meskipun begitu semua kapalan menimbulkan rasa tidak nyaman dan penampilan kulit menjadi kurang baik. maka bisa mengatasi kepalan (Callus) dengan cara seperti berikut :

  • Pemotongan kulit yang tebal salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kapalan (Callus) pada bagian kaki atau pun pada tangan. karena setelah di potong akan tumbuh kulit yang baru dan normal kembali. tetapi sebaiknya tidak di potong sendiri sebab bisa menyebabkan infeksi karena tidak mengetahui teknik yang tepat.
  • Ada pun cara untuk mengatasi kapalan (Callus) dengan menggunakan plester. plester dengan kandungan asam salisilat bisa ditempelkan pada kapalan. banyak di jual plester kapalan sehingga membantu mengatasi kapalan.
  • Sedangkan untuk cara alami mengatasi kapalan (Callus) bisa dengan menggunakan batu apung. menggunakan batu apung untuk menghilangkan kapalan dengan cara di gosokan pada kulit di saat sedang mandi, sehingga kapalan perlahan lahan akan terkikis dan kapalan akan menghilang perlahan lahan.
  • Apabila mengatasi kapalan (Callus) ada baiknya juga menjaga kulit agar tidak mengalami tekanan atau gesekan lagi dengan cara menggunakan alas kaki yang nyaman dan melindungi dengan sarung tangan atau pun kaus kaki. (By:RM)

Kapalan (Callus)

Cara Pemesanan Obat Kapalan Super Green Plus G2

Cara Mengobati Kapalan Di Kulit Jari Tangan, Kaki, Dan Penyakit Seputar Kulit : Penyakit Gatal Gatal, Jamur, Panu, Kadas, Kurap, Kutu Air, Eksim Kering, Eksim Basah, Kaki Pecah Pecah Dan Bersisik

Obat Kapalan Super Green Plus G2

Obat Kapalan Tradisional, Obat Kapalan Alami, Obat Kapalan Herbal

Harga Obat Kapalan Super Green Plus G2 1 box isi 10 ml = Rp.115.000,-

cara-beli

Cara Pemesanan Obat Kapalan :

SMS ke 0852-8272-6096, tuliskan : Pesan Obat Kapalan Super Green Plus G2, Jumlah Box, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap

This entry was posted in Kapalan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.